Jumat, 19 Juni 2015

Sedikit Tips mengenai Fotografer


 20 Tips Fotografi ala @ekasely
Gak lengkap ya kalau ngomongin Fotografi, tapi gak langsung praktek. Eits tapi sebelum praktek kalian harus tau nih beberapa tips untuk menambah kemampuan kalian dibidang Fotografi.
1.     Untuk tips Pertama yaitu PD. Kita harus PD dengan Kamera yang kita gunakan, baik Kamera Digital maupun Kamera HP. Jangan minder atau kurang PD tentang orang yang memiliki kamera mahal, bukan berarti mereka yang memiliki kamera mahal adalah fotografer yang bagus dan handal.

2.     Abadikan keindahan dalam hal-hal simpel misalnya : objek sawah atau kebun, itu Cuma simple sih tapi coba deh kalian foto dengan tekhnik dan dengan sesuka hati kalian, dijamin foto yang kalian hasilkan bisa good banget.

3.     Kurangi waktu mengamati karya foto orang lain dan perbanyak waktu untuk memotret. Kalian tahu kenapa? Karena alau kalian sibuk mengamati foto karya orang lain dan hasil yang mereka hasilkan lebih bagus dari hasil foto kalian, so pasti itu bakalan bisa membuat mood kalian drop dan kebanyakan dari kalian langsung enggak mau lagi terjun ke dunia fotografi dan mungkin memlih untuk difoto, maka dari itu kunci utamanya harus Percaya Diri.

4.     Menjadi fotografer itu seksi itu sih katanya para cowok, tapi menurut aku sih sedikit iya. Alasanya sih simple, ya karena mungkin pose yang kita ciptaan saat memotret objek itu, hehehe.

5.     Paling tidak kamu harus memiliki 2 copy foto sebagai backup.  Ini penting, karena jika kita menyimpan sebagian foto yang kita ambil di komputer, kemungkinan besar foto kita terkena virus dari komputer dan jangan heran kalau mungkin sebagian foto itu akan terhapus atau tidak bisa dibuka.

6.     Buang neckstrap (tali kamera yang dililit ke leher) dan gunakan handstrap (dililit di tangan). Ini Cuma tips ya, kenapa sih memilih dililit ditangan? Bukan di leher? Karena kalau tali itu dililit di leher, itu bisa membatasi ruang gerak kita saat mengambil gambar. Padahal kalau dililit ditangan kita bisa sesuka hati kita untuk mengambil gambar objek dengan berbagai gaya dan pose kita. Mau sambil tiduran, kameranya di puter ke kanan atau kekiri, terserahlah demi hasil yang baik aku yakin kalian pasti lebih pintar dari tips ini.

7.     Mendekatlah saat memotret, biasanya hasilnya lebih bagus dan jadilah bagian dari adegan sambil memotret, jangan jadi tukang intip. Kalau kalian mengambil foto lebih bagus sih dari dekat objek itu, tapi karena seiring perkembangan jaman. Kamera yang digunakan juga semakin canggih, mungkin dari monas aja bisa kelihatan jogja, hehe ya nggak segitunya ya :D

8.     Jangan takut memotret beberapa foto ditempat yang sama dengan exposure, sudut dan aperture yang berbeda. Tuh kan dibilangin jangan takut, kalau kalian mau jadi fotografer yang handal kalian harus berani berekspresi dan berkarya.

9.     Definisi fotografi adalah “melukis dengan cahaya“. Manfaatkan cahaya sesuai seleramu, jangan takut untuk cahaya yang akan membuat objekmu terlihat gelap, karena hasil gambar seperti itu akan memunculkan hasil yang keren gaess.

10.   Bawa kameramu kemanapun dan jangan pernah biarkan fotografi menghalangimu untuk menikmati hidup. Justru dengan kalian berfoto-foto ria itu bisa membuat kalian menikmati hidup dan itu akan membuat hidup kalian terkenang tentang hal-hal yang kalian lakukan. Benar kan broo?

11.   Keluarlah dan memotretlah dengan teman-temanmu karena selain unjuk gigi kepada teman-temanmu, kalian juga bisa menambah koleksi foto kalian. Ya hitung-hitung sebagai kenang-kenangan.

12.   Bergabunglah dengan klub foto atau buat klub foto baru. Kalau kalian tanya kenapa? Ya karena dengan kalian punya suatu klub foto, kalain bisa menambah pengetahuan dan berbagi pengalaman kalian dengan teman-teman klub kalian. Jangan takut deh kalau ilmunya dicontek atau diambil, kan berbagi ilmu itu bukan hal yang buruk kan?

13.   Tidak perlu terbang ke Paris untuk mendapatkan foto terbaik, kesempatan foto terbaik ada di halaman belakang rumah kalian. Karena mendapatkan sebuah hasil foto yang baik itu tidak harus pergi kesesuatu tempat yang mungkin sudah banyak dikunjungi orang kan? Semakin kalian menemukan sebuah tempat yang menurut kalian bagus, semakin berkembanglah nama kalian di dunia fotografi.

14.   Travel dan fotografiadalah pasangan sempurna. Jangan tanya alasannya kenapa? Karena kalau kita traveling tanpa berfoto-foto tuh rasanya sayur tanpa garam. HAMPA. Tapi jangan salah, fotografer mencari objek untuk difoto tanpa traveling itu bagai menemukan sesuatu hal yang baru dan kratif sob.

15.   Bersenang-senanglah saat memotret, jangan terlalu tegang dan jangan terlalu bercanda. Memang fokus itu perlu tapi jangan membuat memotret itu hal  yang membebani.

16.  
Jangan takut memotret dalam hujan, selain objeknya ada unsur airnya itu bisa membuat hasil foto kalian semakin keren.

17.   Pelajari bagaimana cara menikmati sebuah moment, daripada berusaha mati-matian membuat sebuah foto yang sempurna tentang moment tersebut karena itu gak ada artinya gaess. 

18.   Memotret orang asing itu menantang dan mengasyikkan karena itu akan memunculkan jiwa keberanian kalian dalam memfoto, toh juga nambah pengalaman juga kan? 

19.   Jangan pernah memotret saat perutmu kosong dan matamu lelah karena itu akan membuatmu salah fokus, dan langsung iklan deh. Ada Mpok Ati?

20.  Kamera jangan hanya dielus-elus. Gunakan sampai membekas. Tuh dibaca, percuma donk punya kamera canggih tapi gak digunain atau dipake? Kalau mau dipake pasti mikirnya gini, hemm takutnya lecet, takut cepat rusak, takut ginilah, gitulah. Kalau mau gak lecet, ya simpen aja dilemari taruh di kardus. Dijamin gak lecet, mungkin diambil maling sih iya. Justkid sob...

Okey, 20 dulu ya gaess hehe. 20 aja mungkin ada yang males baca wkwkwk. Udah tau kan sedikit tips dari madam rose *LOH*. Sekarang tinggal praktek gih sana, eits tapi tetap lihat postingan artikel lainnya ya yang dijamin bakalan nambah pengetahuan, hehe see you :)

Sumber : dari beberapa blog dan pengalaman pribadi :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar