Sabtu, 20 Juni 2015

Belajar menjadi Fotografer Profesional di bidang Modeling and Fashion



Gimana sih caranya untuk jadi fotografer profesional? Terutama yang langsung terjun ke dunia modeling atau fashion? Ada beberapa langkah nih menurut aku

Langkah 1 : Yakin kalau kalian mau berusaha semaksimal mungkin saat terjun di dunia Modelling and Fashion Photograpy


Ini kunci utama dan pertama. Kok bisa jadi kunci? Ya karena kalau kita sudah yakin dan mau berusaha dijamin langkah selanjutnya bakalan mulus dan lancar jaya. Tapi kalau enggak yakin mendingan jangan dulu deh, tunggu siap mental dan fisik dulu. Kalau masuk dunia fotografer tanpa niat? Ya gak bakal jadi lah.

Langkah 2: Kamu harus segera memulainya di suatu tempat.

Kalau boleh jujur, pada kenyataannya tidak ada agensi model yang tergerak untuk menyewa kalian, jika tidak memiliki portofolio sama sekali tentang bidang fotografi ini. Kalian harus segera memulainya di suatu tempat, temui rekan atau kolega yang sering berkutat di dunia modelling dan minta tolong kepada mereka untuk menyediakan beberapa sesi pemotretan model, latihlah kemampuan fotografi kalian bersama dengan mereka. Jika teman kalian senang atas hasil karya tersebut, tentunya mereka akan menunjukkan kepada teman-teman mereka yang lain dan pasanglah foto-foto tersebut ke berbagai sosial media seperti Facebook, Twiter, dan media sosial lainnya. Siapa tahu ada yang langsung tertarik dengan hasil foto tersebut dan mengajak kalian bekerja sama. Be positive thinking.

Langkah 3 : Mulailah bekerja dengan model yang sebenarnya

Setelah bekerja sama dengan teman Kalian seperti pada langkah pertama, saat ini setidaknya kalian sudah memiliki beberapa foto yang jadi andalan atau yang menurut kalian terbaik, sekarang waktunya melangkah setapak lebih jauh dengan bekerja sama dengan para desainer dan model yang sebenarnya. Salah satu cara paling mudah untuk menemukan mereka, adalah dengan mencari referensi di sosial media atau akun pribadi mereka. Cobalah untuk memperlihatkan karya kalian dengan sebagus dan semenarik mungkin. Jika kalian masih takut, cobalah untuk belajar dengan orang-orang yang berpengalaman di bidang itu. Sebisa muungkin kalian harus terbuka dan bertanya jika menemukan kesulitan yang benar-benar sulit.
Beberapa model akan mengenakan biaya untuk memotretnya, beberapa fotografer akan mengenakan biaya juga bagi model serta desainer, dan bisa jadi akan terjadi pertukaran jasa atau barter. Temukan model di dekat daerah kalian dan bekerja samalah dengan mereka. Sebisa mungkin kalian harus mendapatkan perhatian dari model, desainer serta agensi lain yang akan membantu kalian berkarir. Itu cara pertama, kalau merasa berat coba cara yang lain.
Cara lain untuk menemukan 'hasil' kerja yang sebenarnya adalah melalui kerja sama dengan distro, butik atau toko pakaian lokal di kota kalian. Banyak sekali distro-distro kecil yang memiliki desain pakaian sendiri, atau memanfaatkan supplier yang tidak memiliki foto-foto untuk promosi atau foto produk yang ia miliki. Seberapa kecilnya distro pakaian tersebut bukanlah menjadi masalah bagi Kalian untuk memulai, yang harus kalian pikirkan adalah tentang foto-foto yang akan Kalian hasilkan dan akan jadi referensi untuk distro-distro pakaian selanjutnya. Jika hasil dari foto kalian bagus toh juga membuat nilai plus di kalian dan so pasti, untuk produk selanjutnya kalian pasti dikontrak lagi.

Langkah 4 : Jadikan Portofolio dan Anda untuk mudah ditemukan

Ini langkah yang enak banget kayaknya, setelah memiliki portofolio yang sekiranya bisa menjual dan Kalian telah bekerja sama dengan beberapa model serta desainer, segera kalian akan menyadari orang-orang akan menghampiri. Tuh kan enak banget, semua memang terjadi di segala hal. Alau udah gini nih, pastikan orang-orang yang ingin bekerja sama dengan kalian bisa dengan mudah menemukan Kalian serta portofoliomu dengan menggunakan website, facebook, twitter dan lain-lain. 

Langkah 5 : Jangan berhenti melangkah dan Jangan mudah Puas, apalagi sombong

Ini memang langkah akhir, tapi ini awal ujian dimulai. Dilangkah dan kondisi sekarang, dimana Kalian telah memiliki portofolio yang bagus, model serta desainer yang ingin bekerja sama dengan kalian serta jaringan pertemanan di dalam industri yang sama. Dari sini kalian bisa memutuskan apakah akan bekerja sebagai freelance atau memasukkan portofoliomu ke agensi, desainer, studio, dan lainnya. Apapun langkah kalian, usahakannya tetap memotret. Dan jika memang kalian sudah sukses dan berhasil berjaya dibidang ini, INGAT!!! Jangan mudah puas dengan hasil yang kalian dapatkan, dan jangan sombong dengan hasil karya kalian. Kalau itu semua dilanggar, ya lihat aja sendiri akibatnya, hihihihihi.
Semoga bermanfaat ya dan jangan lupa dipraktekkan xixixi :D

Sumber : www.infotografi.com/2012/09/memulai-dunia-model-dan-fashion.html dan mengalami pengeditan yang sewajarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar